Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seperti Apa Bahasa Indonesia di Telinga Orang Asing? Ini Kata Mereka

Halo Vyonna-holic! Apakah kalian pernah penasaran dengan pendapat orang asing mengenai bahasa kita? Seperti apa sih bahasa Indonesia di telinga orang asing? Apakah merdu? Apakah aneh? Atau mirip dengan bahasa lain?

Selain memiliki grammar yang berbeda, tiap bahasa juga menghasilkan kesan suara yang berbeda-beda. Bahasa Perancis, misalnya, merupakan bahasa yang dianggap orang sebagai bahasa yang merdu. Sedangkan bahasa Jerman sering dianggap sebagai bahasa yang (ehem) galak. Adapun bahasa Italia selalu terdengar antusias dan bergairah.

Nah, kalau bahasa Indonesia alias BI gimana ya? How does Indonesian sounds to foreigners? 

Sayangnya agak sulit mencari tahu pendapat bule tentang kemerduan atau ketidakmerduan BI. Sebab bahasa kita memang kalah populer dibanding bahasa asia lainnya seperti Vietnam, Mandarin, Jepang, Korea, dan Tagalog. 

Tapi mimin Vyonna sudah wara-wiri mencari tahu pendapat orang asing soal BI terutama dari segi sounding alias suaranya. Selain karena penasaran, anggaplah untuk menambah wawasan. Jadi, yuk kita simak dan diskusikan bareng-bareng.

Seperti Apa sih Bahasa Indonesia di Telinga Bule?

1. Mirip Bahasa Tagalog atau Filipino

Nah, mimin Vyonna paling sering mendapati pendapat ini. Jadi, katanya Bahasa Indonesia itu terdengar di telinga orang asing seperti bahasa jiran kita, Filipina. Bahasa Filipino sendiri adalah bahasa nasional Filipina yang merupakan standarisasi Tagalog dicampur dengan serapan bahasa lainnya.

Orang Indonesia juga banyak yang mengiyakan pendapat tersebut. Mereka bilang, mereka merasa familiar sekali dengan Filipino meski tak paham artinya. Sedangkan orang Filipina kebanyakan bilang kalau bahasa mereka yang paling mirip dengan BI adalah Bisaya (Cebuano).

Bisaya adalah salah satu suku bangsa di negara kepulauan tersebut. Dan yang menarik, konon katanya orang-orang Bisaya ini asalnya dari kerajaan Sri Wijaya yang mengungsi ketika kerajaannya runtuh. 

Dus, namanya pun berevolusi dari Sri Vijaya menjadi Visaya lalu sekarang diucapkan dengan aksen lokak, Bisaya. Orang Bisaya pun kabarnya memiliki kulit cerah ala orang Palembang.

2. Seperti Bahasa Eropa Timur? Hmm

Beberapa kali Vyonna juga baca kalau “Indonesian language” itu mirip bahasa Eropa Timur. Nih salah satu komentarnya. Yang bilang gini orang Korea lho. Dan orang Korea yang berbatasan dengan Russia pastilah lebih tahu soal Bahasa Eropa timur ketimbang kita.

Selain itu, ada juga orang Spanyol yang bilang kalau bahasa kita mirip bahasa Russia. Tapi, komentar ini mimin dapatkan dari video bahasa Indonesia yang formal. Bukan "Jakartan slang" ataupun Jaksel slang.

Bahasa Indonesia di Telinga Orang Asing


Terus, kok bisa dibilang bahasa Indonesia di telinga orang asing terdengar ala bahasa Slavic (Eropa Timur)? Well, ada beberapa alasannya. 

Pertama, kedua penutur bahasa tersebut suka mengucapkan huruf R dengan sangat kuat. Kedua, bunyi “Nya” dalam bahasa Eropa timur itu banyak. Dan Indonesia juga memiliki banyak bunyi “nya”.

3. Katanya, Bahasa Kita terdengar seperti Bahasa India

Vyonna juga mendapati bahwa katanya BI itu mirip bahasa India. Misalnya saja bahasa Hindi. Biasanya yang bilang begini orang asia tenggara. 

Yah, mimin sih setuju aja. Karena banyak kosa kata bahasa Indonesia yang menyerap bahasa Sansekerta yang berasal dari India. 

Tapi, dari segi “sounding”, bunyi huruf T antara Indonesia dan India itu beda banget. Coba deh dengerin cara orang India nyebut bunyi T. Aksennya mirip orang Bali tapi lebih kuat. 

bahasa indonesia sounds like indian

4. Bahasa Indonesia di Telinga Orang Asing seperti Bahasa Italia Katanya

Beberapa orang juga pernah menyebut bahwa BI itu mirip bahasa Italia. Alasannya sih karena keduanya sama-sama suka membunyikan huruf R dengan keras (both love to roll their R’s). Selain itu, kedua penutur bahasa juga kecepatan ngomongnya tinggi. Wusss kayak kereta.

Baca juga: Rudy Baldwin, Indigo ala Mbak You Ramalkan Sriwijaya Air

5. Kok Mirip Bahasa Spanyol ?

Meski tidak banyak, namun ada satu dua orang yang bilang kalau BI terdengar seperti Bahasa Spanyol. Alasannya lagi-lagi karena orang Indonesia suka menegaskan huruf R mereka. Kedua penutur bahasa inipun mengucapkan huruf sebagaimana adanya. Kalau B ya dibaca B, C dibaca C, N dibaca N... Hal ini berbeda dengan beberapa bahasa seperti Bahasa Inggris yang pengucapannya tricky.

6. Bahasa Indonesia di Telinga Orang Asing Mirip Portugis

Tahukah teman-teman bahwa banyak istilah dalam BI yang asalnya dari Portugis? Misalnya, kata sepatu, mentega, keju, dan gereja yang berasal dari Bahasa Portugis. Secara aksen, BI juga lumayan mirip bahasa portugis dengan R yang keras dan pelafalan yang lumayan clear. 

indonesian sounds like portuguese

7. Tidak Mirip Bahasa Asia Tenggara

Selain menyebut kemiripan dengan bahasa lainnya, beberapa orang mengaku bingung mengelompokkan bahasa BI. Mereka mulanya kaget karena menyangka “Indonesian language” mirip bahasa China, Thailand, dan Vietnam. Eh, ternyata bunyi antara BI dan bahasa-bahasa tersebut sangat berlainan. Mereka pun akhirnya cuma bilang kalau “Indonesian language doesn’t sound like any other Asian languages.”

Hihi. Padahal, ada banyak sekali bahasa Asia yang mirip dengan kita, terutama dari rumpun bahasa Austronesia. Misalnya bahasa Cebuano, dusun, dan berbagai bahasa daerah Indonesia lainnya yang terdengar sangat “Austronesian.”

Nah, gimana nih menurut pendapat teman-teman Vyonna? Seperti apa sih bahasa Indonesia terdengar di telinga orang asing yang sebenarnya?

Posting Komentar untuk "Seperti Apa Bahasa Indonesia di Telinga Orang Asing? Ini Kata Mereka"