Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Artis Papua Ini Punya Talenta Besar yang Bikin Indonesia Bangga

Tidak hanya berasal dari Jawa dan Sumatra, Indonesia juga memiliki banyak artis berbakat yang berasal dari pulau bagian timur nusantara, yaitu Papua. Para artis Papua tersebut pun sudah berkarir dan mampu sukses di Ibukota Jakarta. 

Mereka adalah para pejuang keras karena berhasil mengalahkan berbagai hambatan geografi serta stigma. Talenta merekapun sangat membuat bangga Indonesia.

artis papua nowela idol
Nowela Idol, Foto IG @mikhelia

Terus siapa aja nih artis-artis dari pulau paling timur itu? Jawabannya jelas banyak. Tapi beberapa di antaranya akan Vyonna ulas secara khusus di bawah ini.

7 Artis Papua dan Kisahnya yang Menginspirasi

1. Edo Kondologit

Edo Kondologit merupakan salah satu artis papua senior yang dimiliki Indonesia. Berkarir sejak tahun 1980,anak dari Onesimus Kondologit dan Nurnalina Ajolo ini lahir pada 5 Agustus 1967 di Sorong, Irian Jaya. 

Edo memiliki istri yang bernama Niar Septia Cahyana dan sudah bercerai sejak 2008. Serta dikaruniai dua anak yaitu Itamar Lameula Barbalina (perempuan) dan Batsyeba (laki-laki).

Beragama Kristen, Edo sering pula membawakan lagu rohaninya. Edo merupakan musisi yang beraliran jass, dimana pada tahun 1998 menerbitkan album berjudul “Yang Menangis”. Selain itu sempat beberapa kali membintangi film dan sinetron yang ada di Indonesia.

Edo Kondologit juga merupakan salah satu kader dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dia juga pernah mencalonkan menjadi anggota legislatif. Anda dapat menemukan update terbaru Edo di Instagramnya @edokondologitt.

2. Nowela Idol

Terkenal karena menjadi juara pada ajang menyanyi Indonesian Idol tahun 2014, Nowela merupakan artis papua yang cantik dengan suara emas. Nowela lahir pada 19 Desember 1987 di Wamena, Papua. Tidak hanya memiliki darah papua, terdapat pula darah batak yang berasal dari ibunya. 

Memiliki nama lengkap Nowela Elizabeth Mikhelia Auparay, juara Indonesian idol ini sempat menjadi penyanyi di café-café sebelum akhirnya terjun di ajang pencarian bakat tersebut.

Nowela beragama Kristen. Dia ternyata merupakan alumni dari SMAN 1 Sidoarjo dan sempat berkuliah di universitas Airlangga, namun tidak sampai tamat. 

Semenjak berkarir, Nowela sudah merilis 2 album. Anda bisa melihat foto-fotonya yang begitu trendi dan cantik di instagramnya @mikhelia.

3. Albert Fakdawer

Apakah Anda pernah melihat film Denias, Senandung Di Atas Awan? Jika iya, tentunya tidak asing dengan artis satu ini, karena merupakan si pemeran utama.

Albert Tom Josua Fakdewer lahir pada 29 Juni 1993. Albert sendiri merupakan saudara ke-empat dari tujuh bersaudara serta penganut agama Kristen.

Ternyata sebelum terjun di dunia film yang pada akhirnya berhasil meraih piala aktor pria terbaik FFI tahun 2006, artis Papua ini juga menyukai dan sukses di dunia Tarik suara. Hal ini dibuktikan dia berhasil menjadi juara II AFI Junior seasion pertama pada tahun 2004. 

Pada bulan September 2020, Albert resmi bertunangan dengan kekasihnya @clarisawagiu. Hal tersebut terlihat dari postingannya di Instagram pribadinya @albertfakdewer.

4. Michael Jakarimilena

Jika sudah berkenalan dengan pemeran utama Denias, Anda tentu juga mengenal artis satu ini yang berperan sebagai ayahnya Denias. Selain terkenal karena film tersebut, Michael Jakarimilenia memulai debutnya ketika menjadi lima besar Indonesian Idol musim pertama. 

Michael Herman Jakarimilena lahir pada 13 Juli 1983 di Jaya Pura, Papua. Agamanya Kristen protestan. Michael merupakan suami dari @beaufleura dan dikaruniai satu anak. Anda bisa melihat update kesehariannya di instagramnya @michaeljakarimilena

Baca juga: Biodata Tara Basro si Artis Berkulit Coklat

5. John Yewen

Beralih dari bintang film dan penyanyi, artis papua satu ini merupakan komika jebolan Stand Up Comedy Academy (SUCA) 3 dan berhasil menjadi grandfinalis. 

Memiliki nama asli Yohanes Yewen, pria satu ini lahir pada 15 April 1995 di Manokwari. Bahkan setelah menjadi grandfinalis SUCA 3, dia mendirikan komunitas stand up comedy untuk umum di kota kelahirannya tersebut. 

Pendirian komunitas stand up comedy yang diinisiasi John mendapat perhatian dari banyak pihak, termasuk kapolres yang turut hadir saat peresmiannya. Saat ini, Anda bisa menemukan update terbaru John Yewen di Instagram pribadinya @john_yewen.

6. Lala Suwages

Lala Suwages merupakan artis yang memulai karirnya ketika bersama group vocal Talitha’s Friends serta menjadi vokalis latar beberapa musisi, bahkan salah satunya yaitu Iwan Fals. 

Artis papua berparas manis ini lahir pada 15 Novermber 1980 di Jaya Pura, Papua. Sampai saat ini dia sudah merilis beberapa single lagu, dimana yang terbaru yaitu berjudul “lukisan cinta”. Lala juga sudah dikaruniai dua anak. Anda bisa menemukan foto-foto dan update terbarunya di Instagram @lalasuwages.

Baca juga: Lirik Lagu Sa Mau Koi

7. Ochy Thenu

Artis timur satu ini memiliki banyak bakat. Dia terkenal sebagai seorang dancer, DJ, dan juga aktor, model, dan pembawa acara. Memiliki nama asli Gerald Joseph Thenu, pria ini lahir pada 23 Februari 1990 di Sorong, Papua.

Ochy beragama Kristen katolik. Dia sudah berstatus cerai dari pasangannya Novita Toisuta Manuputty dan memiliki satu anak bernama Chevara Clarissa Thenu. 

Karir artis papua ini mulai melejit ketika mendapatkan peran di sinetron Amanah Wali 1 yang dapat mengundang gelak tawa penonton. Update terbaru dari Ochy Thenu dapat dilihat di Instagramnya @paceochy 

Posting Komentar untuk "7 Artis Papua Ini Punya Talenta Besar yang Bikin Indonesia Bangga"