Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini lho 5 Manfaat Kenapa Kita Perlu Medical Check up

 Halo, Vyonna lovers semuanya! Apa kabarnya nih? Di artikel kali ini, mimin Vyonna mau membahas tentang pentingnya medical check up!

Meski banyak yang belum tahu, namun medical check up ternyata memiliki banyak manfaat lho. Artis-artis kesayangan kita saja banyak yang melakukan hal ini. Misalnya, Atta Halilintar, Nani Wijaya, sampai Anang Hermansyah. Bahkan si cantik Prilly Latuconsina sampai rela ke Singapura demi med check!

Makanya di kesempatan ini, mimin mau bahas masalah ini. Tapi sebelumnya, yuk pahami dulu definisi atau arti dari med-check.

medical checkup adalah

Apa itu Medical Check Up?

Medical checkup merupakan serangkaian proses pemeriksaan di bidang medis yang dilakukan menyeluruh untuk mendeteksi adanya gangguan atau penyakit dalam tubuh. Tahapan ini tak boleh dilakukan sembarang orang lho. Hanya praktisi kesehatan seperti dokter yang bisa melakukannya. 

Pemeriksaan yang dilakukan selama med check sendiri beragam misalnya tes fisik, tes lab, pemeriksaan dalam, dan lainnya. Setelah tes dilakukan, nanti kita tinggal menunggu dokter untuk menjelaskan kondisi kesehatan kita.

Apa Manfaat Medical Check Up?

Seperti Vyonna bilang di atas, ada banyak manfaat med check yang bener-bener worth it. Lima di antaranya adalah:

1. Mencegah Penyakit yang Sulit Dideteksi

Eits, jangan salah. Banyak lho penyakit yang sulit dideteksi. Kalau maag atau types kan jelas. Tapi penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol biasanya baru diketahui kalau sudah muncul gejala yang membahayakan.

Misalnya nih, penderita diabetes umumnya tidak sadar kalau dirinya memiliki gula darah tinggi. Ia mungkin cuma gampang capek dan gampang lapar lalu mengira tanda-tanda itu hanya karena kelelahan kerja saja. Padahal setelah dicek, ternyata kadarnya sampai 200 lebih! Hayo, bahaya kan? Untungnya dengan medical checkup, hal-hal seperti ini bisa diatasi!

2. Mengobati Penyakit yang Belum Parah 

Mengobati penyakit yang belum parah jelas lebih mudah dibanding mengobati penyakit yang sudah parah. Contohnya saja, mengatasi kolesterol tinggi sejak dini yang lebih mudah dibanding harus mengobati penyakit seperti stroke.

Dengan med check, penyakit-penyakit yang belum parah bisa diketahui sejak semula. Dengan demikian, pengobatan pun bisa dilakukan sesegera mungkin.

3. Mencegah Pengeluaran Biaya Membludak di Masa Depan

Tak ada yang lebih mahal di dunia ini kecuali kesehatan. Makanya untuk urusan yang satu ini, kita tak boleh main-main. Memang sih di Indonesia sudah ada BPJS, tapi kadang kala antrian BPJS terlalu panjang. Belum lagi, tak semua penyakit di-cover oleh jaminan kesehatan negara ini.

Dengan medical checkup, kita bisa menghindari pengeluaran membludak akibat sakit yang tak diduga di masa depan. Kehidupan pun bisa difokuskan untuk mengejar karir dan membahagiakan keluarga. 

4. Menurunkan Kecemasan Berlebih

Beberapa orang memiliki gangguan kecemasan yang disebut hypochondriac. Mereka yang menderita akan hal ini umumnya takut memiliki penyakit yang aneh-aneh. 

Nah, dengan med check, kecemasan-kecemasan tersebut bisa dihilangkan. Sebab dokter akan memberikan pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui apakah memang ada penyakit yang diderita atau tidak.

5. Membuktikan bahwa Tubuh Kita Sehat

Med check kadang juga dibutuhkan untuk persyaratan mendaftar kerja dan kuliah lho. Misalnya untuk pendaftaran di instansi pemerintahan, perusahaan asing, dan lain sebagainya. 

Kadang med check juga menjadi persyaratan untuk mendaftar asuransi dan pengajuan kredit. Jadi mau tak mau kadang kita memang harus melakukan hal ini.

Di Mana Tempat Medical Check Up yang Bagus?

Setelah membaca penjelasan di atas, tentunya teman-teman jadi tahu dong kalau med check memang penting. Pertanyaannya, di mana ya tempat med check yang bagus? Apa perlu sampai ke luar negeri seperti Prilly?

Jawabannya gak perlu! Di Indonesia pun sudah banyak kok tempat med check yang bagus dengan standar internasional. Salah satunya tanyaDNA.id! Di sana kita bisa melakukan medical checkup menyeluruh dengan hasil detil dari dokter yang expert di bidangnya!

Prosedur yang dipilih juga bervariasi, dari Healthy Check sampai Healthy Check Plus. Biayanya pun murah mulai dari 399 ribuan aja! Jadi tunggu apa lagi, yuk cek kesehatan dengan tanyaDNA!

Posting Komentar untuk "Ini lho 5 Manfaat Kenapa Kita Perlu Medical Check up"