Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Film Oeroeg tentang Apa? Yuk Review Film Penjajahan ini Bareng Vyonna!

Film Oeroeg tentang apa? Bagi Anda yang sedang mengerjakan tugas sejarah, Anda mungkin diharuskan menonton film ini oleh dosen atau guru.

Film Oeroeg tentang Apa?

Ya, Oeroeg atau dalam ejaan sekarang disebut Urug pada dasarnya adalah film tentang penjajahan yang sarat makna. Film ini dirilis pada tahun 1993 dan didistribusikan oleh Nederlandse Omroep Stichting.

Bahasa yang digunakan pada film ini adalah bahasa Belanda sementara setting-nya didominasi di wilayah Hindia Belanda khususnya area Kebonjati. Kisahnya sendiri didasarkan pada novel yang ditulis oleh yang Hella S. Haasse.

Sinopsis Film Oeroeg

Johan merupakan seorang pria muda dengan antusiasme yang tinggi. Ia kembali ke Hindia Belanda yang sudah lama ditinggalkannya bertahun-tahun silam.

Kembalinya Johan ke Hindia Belanda bukan tanpa alasan. Ia ditugaskan menjadi prajurit di wilayah jajahan negerinya sekaligus ingin mencari ayahnya. 

Seiring perjalan pulang, cerita-cerita flashback diperlihatkan di film ini. Dikisahkan, Johan kecil yang sangat akrab dengan seorang pribumi. Meski keduanya berbeda ras, ia dan temannya tersebut tak pernah saling membenci.

Teman Johan, Oeroeg sendiri adalah anak dari bawahan ayahnya yang bernama Deppoh. Ayah Johan sebenarnya tidak begitu suka anaknya dekat dengan pribumi. Apalagi pribumi yang hanya anak “kacung”. 

Namun Johan tidak peduli. Kedua sahabat beda bangsa tersebut tetap berjanji akan terus ada satu sama lain. 

Flashback kemudian berlanjut seiring dengan Johan yang mulai aktif sebagai tentara. Dikisahkan bahwa ketika keduanya sudah dewasa situasi kolonial membuat  mereka mengalami banyak kesulitan.

Sebab, Belanda menerapkan politik rasisme di mana kulit putih diposisikan di kelas 1, timur asing di kelas 2, dan pribumi di kelas 3. 

Suatu kali Johan merasa tidak enak saat ketahuan nonton bioskop di bagian depan sementara sahabatnya hanya bisa melihat di bagian belakang.

Oeroeg pun berada di posisi sulit. Di antara teman-teman pribuminya, ia dianggap pongah karena berteman dengan Johan. Padahal saat bersama dengan orang Eropa lainnya, ia selalu dianggap hina. 

Cerita film kemudian fokus kembali ke situasi perang antara Belanda dan jajahannya. Johan yang rindu bumi nusantara pun sempat kaget karena ternyata Hindia Belanda yang dipikirkannya sudah berubah.

Ia merasa dibenci karena dipandang sebagai penjajah. Namun ia sadar bahwa kebencian itu tak bisa disalahkan. 

Ketika akhirnya Belanda dan Indonesia melakukan peperangan, kedua sahabat ini pun mengambil jalan yang berbeda. 

Film akhirnya berakhir saat Johan bertemu dengan sahabatnya lagi sebagai tawanan perang. Saat itu, Belanda dan Indonesia mengadakan pertukaran tahanan.

Pemeran

Berikut ini daftar pemeran film Oeroeg 1993.

  1. Martin Schwab memerankan Oeroeg
  2. Rik Launspach memerankan Johan ten Berghe
  3. Jeroen Krabbé memerankan Hendrik ten Berghe
  4. Peter Faber memerankan Van Bergen
  5. Ramelan Bekkema memerankan Oeroeg kecil
  6. Joris Putman memerankan Johan kecil
  7. Tom Van Bauwel memerankan Twan
  8. Josée Ruiter memerankan Lida
  9. Ayu Azhari memerankan Satih
  10. José Rizal Manua memerankan Deppoh

Review Film Oeroeg 1993

Film ini mendapatkan rating 6,7 di Rotten Tomatoes. Secara umum, popularitasnya tidak begitu tinggi. Aspek-aspek pada film ini juga tidak begitu menonjol kecuali ia berhasil menyajikan pemandangan indah di area Kebonjati.

Hanya saja, film buatan negeri Belanda tersebut memang memiliki nilai sejarah yang tak bisa diabaikan. Kisahnya berhasil menangkap dinamika hubungan antara seorang penjajah dan terjajah. 

Baik Martin maupun Urug tidak bisa meneruskan persahabatannya karena berada di sisi yang berbeda. Akan tetapi, keduanya pun tak bisa membenci satu sama lain begitu saja.

Nah, begitulah sinopsis dan review film Oeroeg 1993. Simak terus sinopsis film-film keren di Vyonna ya.

Posting Komentar untuk "Film Oeroeg tentang Apa? Yuk Review Film Penjajahan ini Bareng Vyonna!"